Selasa, 16 Agustus 2011

Soon to be reality! Kristal memori di Fortress of Solitude milik Superman segera menjadi kenyataan. Kristal-kristal yang menyimpan kenangan masa lalu tentang planet Krypton dan cerita-cerita untuk memotivasi dan mendidik Kal-El sang warga Krypton terakhir.


Seorang peneliti dari Universitas Southhampton menggunakan laser untuk mengatur kembali atom-atom dalam pecahan kaca dan mengubahnya menjadi tipe baru memori komputer. Menurut mereka, memori kaca ini jauh lebih stabil dan lebih tahan daripada hard drive yang kita gunakan sekarang. Hard drive memiliki umur yang terbatas dan gampang rusak bila terkena temperatur dan kelembaban udara yang terlampau tinggi.

Memori kaca ini sanggup bertahan di suhu hingga 983 derajat celsius, tidak terpengaruh air, dan diperkirakan dapat bertahan selama ribuan tahun tanpa kehilangan informasi didalamnya. Informasi tersebut bisa ditulis, dihapus, tulis kembali ke dalam kaca dengan menggunakan laser. Prosesnya mengubah jalannya cahaya melalui kaca dan menciptakan pusaran cahaya terpolarisasi yang dapat dibaca dalam cara yang tidak berbeda jauh dengan serta optik. Kemudian data dibaca dengan menggunakan detektor optik.

Pemimpin riset, Martynas Beresna mengatakan bahwa mereka bisa menyimpan sebuah data sebesar 50GB dalam sepotong kaca yang lebih kecil dari ukuran layar ponsel. Menurutnya penemuan ini akan sangat berguna untuk organisasi dengan arsip yang sangat besar.

Para ilmuwan sedang bekerja di Altechna, sebuah perusahaan di Lithuania, untuk menghadirkan teknologi ini ke pasaran. Hmm, rasanya harganya pun tidak akan murah.

0 komentar :

Posting Komentar