Selasa, 16 Agustus 2011

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang sangat cepat perkembangannya. Bahkan kecepatan perkembangannya melebihi sistem operasi berbayar. Hanya dalam kurun waktu 15 tahun Linux telah berkembang begitu pesatnya dengan berbagai distro dan variannya. Keterbukaan source code dan bebasnya pengembangan oleh siapa saja menjadikan sistem operasi Linux berkembang dengan sangat cepat.
Terobosan teknologi terbaru juga selalu diikuti oleh dunia Linux. USB Flash Disk yang dikenal oleh sistem operasi Windows terlebih dahulu, sekarang dengan begitu cepatnya Linux turut langsung dapat mountingnya secara otomatis tanpa kesulitan. Bahkan di Linux pengenalan terhadap device baru sangat cepat dan berjalan lebih baik dari pada di Windows. Tanpa memerlukan instalasi driver tambahan Linux telah dapat mengenali USB Flash Disk. Begitu juga dengan device-device yang lain seperti HP (Hand Phone) yang dikoneksikan ke komputer, di Linux dengan cepat mengenalnya dengan baik. Tak luput juga koneksi ke internet dengan menggunakan HP sebagai modemnya di dunia Linux dapat terealisasi dengan baik dan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Kini pengembangan Linux Live CD berkembang dengan begitu pesatnya. Bahkan Live CD menjadi favorit saat ini. Berbagai distro membuat versi Live CD, Ubuntu Live CD, OpenSuse11 Live CD, PCLinuxOS live CD, dan berbagai distro membuat jenis LiveCD. Sungguh mengasyikkan juga tanpa menginstal ke komputer kita telah dapat menikmati sistem operasi yang gratis dan sangat powerfull ini. Hanya dengan booting dari CD telah dapat kita rasakan bahwa di dunia yang gratis itu juga dapat kita temukan sebuah teknologi yang sangat menawan dan berkembang begitu pesatnya.

Tapi sayang sekali, ternyata membawa CD dan merawat CD terasa merepotkan. Apalagi dengan ditemukannya media penyimpanan yang lebih mudah dibawa, gampang perawatannya, dan berkapasitas yang wow…. gedhe banget. USB Flash Disk merupakan terobosan baru di dunia penyimpanan data. Akan tetapi, bagaimana kita dapat menjalankan sistem operasi Linux USB Live dari Flash Disk ini? Wah… tentunya mengasyikkan kalau kita dapat membuat distro Linux Live CD menjadi distro Live USB.

Ternyata ada solusinya dengan program aplikasi yang begitu ringan dan opensource untuk membuat Linux Live USB. Bagaimana langkah-langkahnya ……
Nah, pertama download aja program aplikasinya yaitu UNetbootin di www.unetbootin.sourceforge.net ada beberapa versi untuk berbagai sistem operasi mulai dari Windows, Ubuntu dan OpenSuse. Tinggal pilih aja yang kiranya dibutuhkan. Tapi sebaiknya pake versi dari sesama Linux aja ya… masak membuat Linux dari Windows bajakan… kan memalukan…. weheheheheee….

Di situ juga dijelaskan bagaimana langkah-langkah membuatnya… tapi untuk gampangnya pokoknya sebelum membuat siapkan dulu distro Linux yang kita sukai dengan terlebih dahulu kita buat menjadi file berextensi *.iso sehingga kita langsung dapat membuatnya dengan mudah. Distro yang didukung aplikasi ini diantaranya : OpenSuse, Ubuntu, Debian, Fedora, Mandriva, Linux Minth, Free BSD, OpenBSD, dan lain sebagainya …. banyak deh…. coba aja ya sediri…. semoga dapat membantu…..






0 komentar :

Posting Komentar